Senin, 29 Agustus 2011

Motivation and Values

Consumer behavior class
Departemen of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural Univercity
Lecturer : Prof. Dr. Ujang Sumarwan, M.Sc.
http://www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Motivasi adalah kebutuhan yang dirasakan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan memenuhi kebutuhannya tersebut (Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, Msc). Manusia memiliki berbagai macam kebutuhan akibat adanya rasa ketidaknyamanan, sehingga dengan perasaan tersebut seseorang akan termotivasi untuk memenuhinya.

Abraham Maslow seorang pelopor aliran psikologi humanistik mengemukakan bahwa manusia termotivasi memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat tergolong menjadi :
1. kebutuhan fisiologis
2. kebutuhan akan rasa aman
3. kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
4. kebutuhan untuk dihargai
5. kebutuhan untuk aktualisasi diri

Maslow menyebut empat kebutuhan mulai dari kebutuhan fisiologis sampai kebutuhan harga diri dengan sebutan homeostatis. Homeostatis adalah prinsip yang mengatur cara kerja termostat (alat pengendali suhu).Kalau suhu terlalu dingin, alat itu akan menyalakan penghangat, sebaliknya kalau suhu terlalu panas, ia akan menyalakan dingin. Begitu pula dengan tubuh manusia, ketika manusia merasa kekurangan bahan-bahan tertentu, dia akan merasa memerlukannya. Ketika dia sudah cukup mendapatkannya, rasa butuh itu pun kemudian berhenti dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar